Serunya Belajar Bersama Mahasiswa Singapore Management University (SMU) Di SMP Swasta Bina Bangsa 01 – SMP SWASTA BINA BANGSA 01

Serunya Belajar Bersama Mahasiswa Singapore Management University (SMU) Di SMP Swasta Bina Bangsa 01

SMP Swasta Bina Bangsa 01 kedatangan tamu mahasiswa dari Singapore Management University (SMU) pada tanggal 17 Juli s/d 29 Juli 2023, dengan jumlah mahasiswa 11 orang, terdiri dari 4 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Kunjungan mahasiswa SMU disekolah merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari projek perkuliahan yaitu UBA Project. UBA Project ini tidak hanya berfokus pada praktik mengajar disekolah saja, namun juga kunjungan pembelajaran pada departemen-departemen lain seperti Mill, EMU, TC Lab, dan beberapa PT di CKP Wilmar International Plantation.

Secara umum kedatangan Mahasiswa SMU disambut oleh Ketua Yayasan Wilmar Bina Bangsa Bapak Ir. Eko Yuliadi melalui Upacara Bendera yang diikuti oleh Guru, Staf TU, Siswa SMP-SMA Bina Bangsa 01, dan Mahasiswa SMU. Selesai Upacara, selanjutnya mahasiswa dari Singapore disambut oleh Kepala, Pendidik dan peserta didik SMP Swasta Bina Bangsa 01. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dan sambutan dari kepala sekolah Bapak Ustad Fatah Al Hakim, S.E.I., M.M. Dilanjutkan dengan penampilan tari dayak perwakilan peserta didik kemudian perkenalan oleh mahasiswa Singapore.

Kegiatan kunjungan terdiri dari mengajar peserta didik kelas VIII (Delapan) mata pelajaran Bahasa Inggris dan TIK. Selain pembelajaran di dalam kelas mahasiswa SMU juga melakukan kegiatan lapangan yang berupa permainan dan olahraga khas Singapore.

Peserta didik sangat senang dengan kedatangan mahasiswa dari Singapore karena merupakan hal yang pertama bagi mereka bertemu langsung dan belajar bersama orang luar.

Mahasiswa SMU sangat ramah dengan peserta didik ketika belajar maupun ketika belajar diluar kelas. Peserta didik mencoba berkomunikasi dengan bahasa inggris bersama mahasiswa SMU, mereka tetap percaya diri untuk berbicara meskipun kemampuan berbicara dalam bahasa inggrisnya masih kurang lancar, tetapi hal itu tidak menjadi masalah untuk mahasiswa SMU dan mahasiswa SMU sering  mengajak peserta didik dan guru untuk berfoto bersama untuk mengabadikan kenangan di SMP Swasta Bina Bangsa 01.

Selain praktek mengajar mereka juga juga ada program latihan menari, mengenal salah satu budaya lokal yang ada di Kalimantan Tengah. Adapun pelatih tari yang diberi kepercayaan untuk melatih mahasiswa SMU yaitu Ibu Juani Yulistira dan Pak Ade Firmansyah. Tarian yang diajarkan kepada mahasiswa yakni tari Selendang dengan menggunakan properti selendang. Waktu latihan kurang lebih selama 2 minggu namun tidak full setiap hari hanya di hari-hari tertentu, waktu latihan dari pukul 15.00 s/d 17.00 WIB. Mahasiswa SMU sangat antusias sekali mengikuti latihan tari meskipun dengan banyaknya keterbatasan karena merupakan hal yang baru bagi mereka, tetapi mereka tidak mudah menyerah.

Tarian yang mereka pelajari tersebut akan ditampilkan dihari terakhir mereka melaksanakan tugasnya yakni penutupan pada hari sabtu, 29 Juli 2023. Adapun kegiatan penutupan dilaksanakan di aula SMP dan SMA Swasta Bina Bangsa 01. Acaranya diikuti oleh kepala sekolah, seluruh dewan guru dari SMP dan SMA serta Koordinator Yayasan Bina Bangsa 01 ibu Siti Wahyuni, S.Pd., M.M. Acaranya sangat meriah, mahasiswa SMU memberikan persembahan terakhir penampilan tari selendang dan bernyanyi bersama dewan guru. Pada acara terakhir mahasiswa mendapatkan surprise dari beberapa peserta didik, berupa sebuah bucket dan sebuah kata-kata perpisahan.

Semoga dengan datangnya mahasiswa SMU di SMP Swasta Bina Bangsa 01 menjadi motivasi untuk peserta didik agar lebih giat lagi belajar dan menuntut ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SMP SWASTA BINA BANGSA 01