STATISTIKA KELAS 8 KURIKULUM 2013

Oleh : Muhammad Dzikron, S.Pd
A. PENGERTIAN DATA DAN STATISTIKA
 
Data adalah adalah sekumpulan informasi berupa simbol, angka, kata-kata, atau citra, yang didapatkan melalui proses pengamatan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu.
Data Kualitatif adalah data yang menunjukan sifat atau atau keadaan suatu objek yang tidak dapat diukur dengan angka. Contoh : Data kualitas buah jeruk bulan April 2020 kurang baik, keterangan kurang baik menunjukan pengukuran keadaan tidak dengan angka.
 

Data Kuantitatif adalah data yang menunjukan ukuran suatu objek yang disajikan dalam bentuk angka. Contoh : Data pertumbuhan tanaman, berat badan, ukuran sepatu, dll.
 
Statistika adalah ilmu yang mempelajari bamaimana cara mengumpulkan, menyusun, menyajikan, menganalisis, dan mempresentasikan data. Penerapan ilmu statistika dalam bidang sosial & kependudukan salah satunya digunakan sensus penduduk. Di bidang ekonomi juga bisa diterapkan dalam mengamati pertumbuhan ekonomi tiap waktunya.
Pelaksanaan sensus penduduk di suatu wilayah (sumber : BantenNews.co.id)
Dalam proses pengumpulan data, perlu kita ketahui ada dua istilah yaitu populasi dan sampel :
a. Populasi : Keseluruhan objek yang menjadi sumber data penelitian. contohnya populasi manusia, tumbuhan, hewan, kejadian, dan sebagainya. 
b. Sampel : Bagian dari populasi yang memiliki yang dapat menggambarkan sifat dari populasi tersebut. Sebagai contoh, kamu ingin melakukan penelitian terhadap siswa disekolahmu,mengenai umur mereka. Oleh karena itu yang menjadi populasi adalah seluruh siswa di sekolahmu. Tapi agar lebih efisien kamu bisa melakukan penelitian dengan mengambil beberapa sampel saja. Misalnya yang menjadi sampel adalah beberapa perwakilan dari masing – masing tingkat kelas.
 
B.Pengumpulan Data
      Data dikumpulkan memalui beberapa cara, diantaranya  :
     1. Observasi : Teknik mengumpulkan data dengan cara mengamati, 
         Contoh : mengobservasi perilaku katak.
     2. Wawancara : Pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan secara lisan.
         Biasanya untuk mengetahui hal yang mendasar dari responden.
     3. Kuisioner : Pengumpulan data dengan memberi pertanyaan tertulis kepada 
         responden untuk dijawab. Miasalnya mengenai data diri.
 
C.PENYAJIAN DATA
    Agar data yang sudah terkumpulkan dapat mudah dibaca dan mudah dipahami, maka data perlu disajakan dalam beberapa bentuk, diantaranya yaitu dalam bentuk tabel, diagram maupun gambar.
Berikut akan dijelaskan beberapa penyajian data :
1. Penyajian dalam bentuk Tabel
    Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom.
    Perhatikan contoh data nilai ulangan Matematika 30 siswa kelas VIIIA berikut :
     6   8   7   6    6    5    7    8     8    5
     9   9   8   6    7    7    7    6     8    7
    10  8   8   6    6    5    9    9     7    6
    Agar data diatas mudah dibaca maka dapat disajikan dalam bentuk Tabel Distribusi Frekuensi.
    Berikut penyajian data kedalam Tabel Distribusi Frekuensi dari :
   2. Penyajian dalam bentuk Diagram
       Disini akan dibahas contoh jenis diagram diantaranya diagram batang, diagram garis dan
       diagram lingkaran.
       a. Diagram Batang
    
       b. Diagram Garis
       c. Diagram Lingkaran
 
          Contoh soal :
      1. Perhatikan gambar berikut !
          
           Gambar diagram diatas adalah data kegemaran olah raga 50 siswa SMPS Arsalan.
           Berapakah banyak siswa yang gemar olah raga Sepak Bola ?
           Penyelesaian :
          
       2. Berikut data tingkat pendidikan ayah sisw di SMPS Arsalan. 
           
           Berdsarkan data diatas, tentukanlah :
           a. Banyak siswa di SMPS Arsalan
           b. Banyak ayah yang memiliki pendidikan minimal SMA
           Jawab :
           a. Banyak siswa di SMPS Arsalan = 27 + 43 + 92 + 38
               Banyak siswa di SMPS Arsalan = 200 siswa
           b. Banyak ayah yang memiliki pendidikan minimal SMA = 92 + 38
               Banyak ayah yang memiliki pendidikan minimal SMA = 130 siswa
       3. Berikut hasil pemilihan ketua kelas di Kelas 8A.        
      
            a. Siapakah yang terpilih ?
            b. Jika pemilih ada 36 siswa, tentukan jumlah suara Bayu !
            c. Jika yang memilih Andi 15 siswa, yang memilih Citra ada ?
            Penyelesaian :            
           
D. Menyajikan dan Menafsirkan Data
     Misalkan sebuah data terurut : 
         

    1. Jangkauan (Range) 
        Range adalah rentang dari suatu kumpulan data.

     2. Mean 
         Mean adalah suatu nilai rata – rata dari suatu data yang diperoleh. 
         Ada 2 (dua) jenis data yang dibelajari di kelas 8, yaitu; 
         Data Tunggal Biasa dan Data Tunggal Berbobot.
          a. Mean data tunggal biasa
             
              Contoh mean data tunggal :
              Nilai penilaian harian matematika dari 5 siswa 98, 100, 93, 95, 98. Hitunglah mean data
              tunggal dari ke-5 siswa tersebut !
              Jawab :
              
          b. Mean data tunggal berbobot 
           
              Contoh mean data tunggal berbobot :
              Berdasarkan data hasil ulangan harian Matematika di kelas XI IPA, enam siswa mendapat
              nilai 8, tujuh siswa mendapat nilai 7, lima belas siswa mendapat nilai 6, tujuh siswa
              mendapat nilai 5, dan lima siswa mendapat nilai 4. Tentukan rata-rata nilai ulangan harian 
              Matematika di kelas tersebut.
              Penyelesaian :
           
     3. Median
         Median adalah suatu nilai tengah dari data yang didapat. Sama dengan mean, median juga bisa
         mencari data tunggal dan data kelompok.
       
          Contoh Median Data Tunggal:
          carilah median pada data dibawah ini:
          a. 8, 6, 6, 4, 5, 7, 7
          b. 12, 15, 12, 14, 16, 13, 17, 16, 11, 10.

Jawab :

   
    4. Kuartil
        Quartil adalah data / nilai yang membagi data menjadi 4 bagian sama besar.
        Ada 3 buah quartil : quartil bawah(Q1), quartil tengah(Q2) dan Quartil atas(Q3).
        Biasanya quartil tengah disebut median.
         Rumus quartil :
         
        Contoh soal :
        
     5. Modus
         Modus adalah nilai yang sering muncul dalam data, atau nilai yang memiliki frekuensi paling
         banyak.
         a. Contoh modus untuk data tunggal biasa :
             Soal : Tentukan modus dari kumpulan bilangan 5, 3, 5, 7, 5 !
             Jawab : Modus dari data tersebut adalah 5, karena frekuensi munculnya angka 5 paling besar
                          ( 3 kali ) sedangkan 3 muncul 1 kali, dan angka 7 muncul 1 kali.
         b. Contoh modus untuk data tunggal berbobot :
             Soal : Hasil ulangan PKn dikelas 8 adalah sebagai berikut :
                       2 orang bernilai 10                    8 orang bernilai 6
                       3 orang bernilai 9                      12 orang bernilai 5
                       4 orang bernilai 8                      5 orang bernilai 4
                       12 orang bernilai 7                    2 orang bernilai 3
                       Buatlah tabel frekuensi dan tentukan modusnya !
              Jawab :
              Tabel frekuensi
              
              Frekuensi terbesar dari data di atas adalah 12 untuk nilai 5 dan 7,
              maka modusnya adalah 5 dan 7

 

10 thoughts on “STATISTIKA KELAS 8 KURIKULUM 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *